Saturday, December 20, 2008

[ Gerak Langkah Kita di Forum Regional ]

…Mari BERTINDAK sekarang, dan buat agar semua itu terjadi!!!
(Johanes Lim)

Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia (HMMI) merupakan sebuah forum yang memayungi himpunan mahasiswa jurusan manajemen dengan lingkup nasional. Kita (HMJM FE UNSOED) sendiri terlibat pertama dan terakhir kali di tahun 2006. Terakhir kali kita terlibat melalui delegasi yang kita kirim di dalam Musyawarah Nasional (Munas) HMMI tahun 2006 yang diselenggarakan di Universitas Borobudur, Jakarta. Dari berbagai kegiatan tersebut, kita menangkap bahwa dalam forum tersebut (HMMI) terdapat ketidakjelasan informasi dan komunikasi antara pengurus dengan anggotanya. Dengan kata lain, posisi kita dalam forum tersebut tidak diperhatikan. Kita juga menangkap bahwa core HMMI tidak sesuai dengan core kita sebagai lembaga mahasiswa yang bersifat ilmiah, terutama yang berkaitan dengan akademik.
Dengan berbagai pertimbangan tersebut, pada tahun 2007 kita mewacanakan untuk keluar dari keanggotaan HMMI. Namun pada saat itu hal tersebut baru menjadi sebuah wacana yang belum ditindaklanjuti. Untuk mengumpulkan bahan pertimbangan, kita menjalin hubungan dengan saudara sesama HMJM dari Universitas Negeri Surakarta (UNS), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dari forum kecil ini, dapat disimpulkan bahwa ada kesamaan cara pandang terhadap HMMI antara kita dengan ketiga saudara kita tersebut.
Pada akhirnya tidak lama bersama tiga saudara kita, kita memutuskan untuk resmi keluar dari keanggotaan HMMI. Namun, hal ini tidak serta merta disetujui oleh seluruh anggota HMMI. Keluarnya kita dicurigai oleh beberapa anggota. Mereka menilai jika tindakan kita hanyalah sebuah manuver untuk membuat forum tandingan HMMI. Padahal dibalik itu kita mengharapkan sebuah forum HMMI yang sesuai dengan landasan utamanya yaitu sebagai lembaga ilmiah serta bermanfaat bagi anggotanya.
Sebagai tindak lanjut dari keluarnya kita dari HMMI adalah pembentukan forum regional JATENG dan DIY yang pada saat itu masih berisi HMJM dari empat universitas yang telah disebutkan diatas. Disinilah kita berperan penting, karena kita sebagai pencetus ide dan gagasan besar dalam forum regional.
Hingga saat ini tercatat ada empat belas HMJM yang mengikuti perjalanan bersama kita untuk membentuk forum regional JATENG DIY, yaitu :
1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
2. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
3. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
4. Universitas Teknologi Yogyakarta
5. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
6. Universitas Slamet Riyadi, Sukoharjo
7. Universitas Muhammadiyah Kudus
8. STIE Bank Pembangunan Daerah JATENG, Semarang
9. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
10. Universitas Sebelas Maret, Surakarta
11. Universitas Muhammadiyah Surakarta
12. Universitas Negeri Semarang
13. Universitas Diponegoro, Semarang
14. Universitas Negeri Yogyakarta

Besar harapan kita bersama untuk melihat HMJM kita jaya tidak hanya di tingkat internal fakultas dan universitas. Namun, berjaya pula di tingkat regional. Hal tersebut sesuai dengan misi HMJM yaitu “Memperluas jaringan dengan organisasi atau lembaga lain, baik di dalam maupun di luar FE UNSOED, kecuali organisasi politik dan organisasi terlarang”. Sebuah usaha yang patut dihargai yang telah dirintis oleh jajaran pengurus periode 2008. Sebuah tujuan besar takkan tercapai tanpa dukungan dan kerjasama kita bersama.
[SATUKAN LANGKAH MENJADI YANG TERBAIK]

Cepat Bergerak ciptakan sejarah untuk
HMJM ku…
HMJM mu…
HMJM kita tercinta…
Yang ilmiah, kreatif, inovatif dan professional

No comments: