Tuesday, December 16, 2008

Visi seorang pemuda

Dunia remaja adalah dunia yang begitu dinamis. Dunia yang menawarkan begitu banyak pilihan untuk dijalani. Siapa yang dapat bertahan dalam arus pergaulan modern yang cenderung menipu, dialah yang akan muncul sebagai pemuda yang kelak menjadi kader pemimpin.
Untuk dapat bertahan dalam kondisi yang dinamis itu, seorang pemuda haruslah mempunyai sebuah visi yang mempunyai kekuatan. Karena pemuda bervisi kuat dipastikan bisa bertahan dalam dunia modern yang dinamis dan tidak mudah terbawa dalam arus pergaulan yang negatif. 
Visi merupakan target pencapaian jangka panjang. Yang secara tidak langsung, akan menuntun pemiliknya berusaha untuk mewujudkan visinya tsb. Agar tidak mudah dibuyarkan, sebuah visi haruslah mempunyai landasan yang kokoh. Landasan kokoh sebuah visi akan terbentuk dari karakter pribadi dan ilmu yang dimiliki, baik itu ilmu agama, sains, ataupun ilmu sosial.
Dalam rangka pencapaiannya, visi haruslah diikuti oleh beberapa misi yang menggambarkan target pencapaian dalam kurun waktu yang lebih singkat. Misi-misi yang ada pun harus terstruktur, berkaitan erat antara misi satu dengan misi lainnya dan erat pula dengan visi itu sendiri. Misi yang terstruktur akan membuat pemiliknya lebih mudah menentukan langkah mana yang harus diambil lebih dulu. Karena misi dibuat dalam rangka untuk mewujudkan visinya sedikit demi sedikit. Semakin cepat seorang pemuda mewujudkan misinya, semakin dekat pula ia dengan visi sebagai tujuan utamanya
 Visi akan lebih baik dibuat dalam usia relatif muda, sehingga visi akan lebih cepat mencapai kematangan saat pemiliknya mencapai usia dewasa. Segera tentukan visi, perkuat landasannya. Jadilah pemuda unggul dengan visi.  

No comments: